PEMODELAN SISTEM
Pengertaian Model
Model
adalah representasi dari sebuah obyek atau situasi actual, penyederhanaan dari
suatu realitas yang kompleks, mewakili
berbagai aspek dari realitas yang sedang dikaji, memperlihatkan
hubungan-langsung maupun tidak langsung serta kaitan timbal balik dalam istilah
sebab akibat.
Model
berdasarkan jenisnya (umum)
·
Model Ikonik
Perwakilan
fisik dari beberapa hal :
§ Berdimensi
dua (foto, peta)
§ Berdimensi
tiga (prototype alat atau mesin)
·
Model Analog
Mewakili
situasi dinamik yaitu keadaan berubah menurut waktu
§ Kurva
permintaan
§ dan diagram
alir
·
Model Simbolik (Model Matematik)
§ Perwakilan
dari realitas yang sedang dikaji
§ Format
model simbolik dapat berupa bentuk angka, simbol, dan rumus
§ Jenis model
simbolik yang umum dipakai adalah suatu persamaan (equqtion)
Model Berdasarkan Tujuan
·
Moedel Probabilistik
§ Menduga
data / informasi terdahulu
§ Menduga
peluang di masa depan
§ Berdasarkan
asumsi terdapat jalur waktu
·
Model Deterministik
§ Model
kuantitatif yang tidak mempertimbangkan peluang kejadian
Contoh : PERT (Program Evaluation Review
Technique)
·
Model Deskriptif
§ Mempermudah
penelaahan suatu permasalahan
§ Dapat
diselesaiakan secara eksak serta mampu mengevaluasi hasilnya dari berbagai
pilihan data input
SISTEM
•
Komponen-komponen
atau bagian-bagian yang saling berinteraksi antara satu dengan yang lainnya
untuk mencapai suatu tujuan
•
Syarat sistem :
v Kesatuan
(unity)
v Hubungan
fungsional
v Tujuan
yang berguna
·
Struktur
v Input,Proses,Output,Boundary,Environment,Feedback
Pemodelan Sistem
·
Pemodean berdasarkan scenario
(Scenario based modeling)
·
Pemodelan berorientasi aliran (Flow
Oriented Modelling)
·
Pemodelan berdasarkan kelas (Class
Based Modelling)
·
Pemodelan perilaku (Behavioral
Modelling)
Pemodelan
Berdasarkan Skenario
•
Merupakan pemodelan
sistem yang dilakukan dari sudut pandang pengguna
•
Pemodelan ini
menggunakan UML (Unified Modeling
Language) yang dijelaskan pada pertemuan lain
Pemodelan
Berdasarkan Aliran
•
Pemodelan ini
mendefinisikan bagaimana obyek – obyek data ditransformasikan oleh fungsi
proses.
•
Biasanya dimodelkan
dengan Data Flow Diagram
Pemodelan
Berbasis Kelas
•
Pemodelan ini
mendefinisikan obyek, atribut dan relasi
•
Biasanya menggunakan
ERD (entity Relationship Diagram)
•
atau Class Diagram
Pemodelan
Berbasis Perilaku
•
Pemodelan ini lebih
mengarah pada perilaku dari sistem atau produk.
•
Menggambarkan
bagaimana sistem atau perangkat lunak akan merespon jika ada event dari luar.
Contoh : Sequence Diagram
Tujuan
pemodelan sistem
•
Mempermudah dalam memahami gambaran sistem
sesuai kebutuhan customer
•
Mempermudah
mendiskusikan perubahan dan koreksi terhadap kebutuhan pemakai dengan resiko
dan biaya minimal
•
Merupakan jembatan
penghubung antara gambaran sistem dan model design
Pendekatan
pemodelan sistem
•
Structured Analysis, memisahkan data dan proses yang
mentransformasikan data menjadi entitas yang beda
–
Obyek data dimodelkan
dalam atribut dan relasinya
–
Proses transform
dimodelkan bagaimana tranformasi data mengalir dalam sistem
•
Object Oriented Analysis, berfokus pada definisi
kelas dan fungsinya yang berkolaborasi dengan kelas lain
Kesimpulan
·
Pemodelan berdasarkan
aliran merupakan pendekatan pemodelan secara structured analysis
·
Pemodelan berdasarkan skenario, kelas
dan perilaku merupakan pendekatan pemodelan secara object oriented analysis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar